Sekilas Tentang KLIMATOLOGI



 Klimatologi merupakan satuan ilmu yang mengkaji mengenai atmosfer, khususnya iklim (kondisi rata-rata cuaca dalam suatu wilayah tertentu dalam jangka waktu yang panjang). Sedangkan menurut  asal kata Klimatologi berasal dari Bahasa Yunani Kuno, Klima artinya tempat , wilayah atau zona;dan Logia artinya Ilmu.
Dalam Penerapannya secara langsung  Model iklim digunakan untuk mempelajari dinamika cuaca dan sistem iklim untuk memproyeksikan iklim di masa depan atau biasa dikenal dengan istilah Forecast Iklim. Dalam mencari nilai prediksi digunakan data-data unsur meteorologi dan klimatologi yang selanjutnya akan diolah menggunakan pendekatan Statistika.Oleh karena itu Klimatologi kerap disebut Statistika Meteorologi.  Pengetahuan dasar dari iklim bisa digunakan dalam prediksi iklim menggunakan beberapa metode statistik berupa  analogi dalam kasus ENSO, Osilasi Madden-Julian, Osilasi Atlantik Utara, dan sebagainya
Mengenai unsur-unsur cuaca yang diamati dalam ilmu Klimat adalah :
ü    Suhu Permukaan
ü    Curah Hujan
ü    Arah dan Kecepatan Angin
ü    Suhu Tanah
ü    Jumlah dan Intensitas Radiasi Matahari
ü    Tekanan Udara
ü    Awan, dsb



















Periode  yang digunakan sebagai standard (acuan) suatu kondisi dapat disebut sebagai iklim adalah relatif.Namun untuk mengetahui data Normal digunakan standart waktu 30 tahun. Untuk waktu kurang dari 30 tahun biasa disebut Variabilitas Iklim.
Bidang studi Klimatologi  dikategorikan sebagai cabang dari Sains atmosfer , subbidang geografi fisik.  Klimatologi mencakup aspek oseanografi dan biogeokimia. Studi tentang iklim dipelajari dalam meteorologi. Iklim di bumi sangat dipengaruhi oleh posisi matahari terhadap bumi. Terdapat beberapa klasifikasi iklim di bumi ini yang ditentukan oleh letak geografis.
Informasi yang dapat diberikan oleh BMKG terkait ilmu iklim adalah ssb:
ü    Informasi Hujan Bulanan
ü    Prakiraan Hujan Bulanan
ü    Prakiraan Musim
ü    Neraca Air
ü    Dinamika Atmosfer
ü    Potensi Banjir
ü    Analisa Kejadian Iklim Ekstrim
ü    Indeks Presipitasi Terstandarisasi
ü    Informasi Perubahan Iklim
ü    Informasi Prediksi Suhu Muka Laut
ü    Informasi SO2
ü    Informasi NO2
ü    Informasi SPM
ü    Informasi Kimia Air Hujan
ü    Informasi Ozon (O3)
ü    Informasi Gas Rumah kaca
ü    Informasi Aerosol
ü    Informasi  Sebaran Gunung Api
ü    Informasi Sebaran Asap Kebakaran Hutan
ü    Basis Data Kualitas Udara

Thanks for the sources  :
http://www.bmkg.go.id


0 komentar:

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG
 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates